Kamis, 24 November 2011

Sugar 101


Gula.
Apa yang terbayang di pikiran Anda ketika membaca atau mendengar kata “gula”?
Manis? Enak? Atau bahkan kalori, kegemukan,risiko diabetes?

Ingin tahu lebih lanjut, yuk berkenalan dengan si manis yang satu ini!

Fakta Gula #1: Suka Rasa Manis: Bawaan Sejak Lahir

Jika Anda pernah mendengar kata “sweet tooth”, mungkin istilah ini ada benarnya. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang baru lahir paling menyukai rasa manis dibandingkan rasa lain. Para bayi tersebut pun merespon rasa manis lebih cepat dibandingkan dengan yang lain1. Tak heran, kesukaan Anda terhadap rasa manis ternyata bersifat bawaan.

Fakta Gula #2: Gula = Sumber Kalori

Gula tak hanya manis tapi juga langsung dapat memberikan energi2. Satu sendok makan gula mengandung 45 kalori, atau setara 10menit jogging. Tak heran kita merasa bersemangat setelah mengonsumsi makanan atau minuman manis!
The down side: Karena gula juga dapat memberikan kalori, disarankan dikonsumsi dalam porsi sewajarnya. Penyebabnya, kelebihan gula dapat berdampak pada kelebihan kalori yang mengakibatkan kegemukan atau diabetes3!
Quick Tips: Ingin batasi konsumsi gula tapi ingin mendapat energi? Coba teh! Kandungan kafeinnya ampuh membuat kita terus bersemangat! Untuk mendapat sensasi manis tanpa kalori berlebih, kamu juga bisa menggunakan pemanis rendah atau tanpa kalori.

Fakta Gula #3: Gula Bikin Kecanduan?

Gula bikin kecanduan atau addiction? Masa sih?
Studi terbaru: ternyata gula dapat mempengaruhi otak dengan efek yg sama seperti ditimbulkan morfin, alkohol dan zat lain yg membuat ketagihan4,5! Caranya? Saat kita makan makanan manis, otak akan memproduksi dopamine yg membuat kita happy. Tak heran kita ingin makan manis saat stress. Nah, karena lidah kita sudah terbiasa dgn rasa manis, tanpa sadar kita menaikkan dosis gula sehingga makanan atau minuman kita menjadi lebih manis lagi4,6. Sama seperti kecanduan!
The down side: Karena kita terbiasa makan manis, konsumsi gula jadi berlebih. Akibatnya: kegemukan plus peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes, dan penyakit kronis lain!
Quick Tips: Cegah kecanduan gula! Caranya: kontrol asupan gula agar tidak lebih dari 25 gram, atau 3-4 sendok makan per hari2. Another tips: enyahkan hasrat ngemil cake atau cookies dengan mengunyah permen karet bebas gula atau buah segar. Yuk hidup sehat tanpa gula berlebih!

Fakta Gula #4: Gula berlebih = Diabetes?

Sadly yes. Gula merupakan karbohidrat sederhana yang mudah diserap tubuh. Karena cepat diserap, cepat pula Anda merasa lapar2. Terus merasa lapar dan diimbangi banyak makan tanpa diimbangi olahraga tentu berdampak pada kelebihan kalori, yang akan disimpan sebagai lemak. Padahal, kelebihan lemak membuat sel tubuh tidak peka terhadap insulin, dan mengakibatkan diabetes!

Fakta Gula #5: Anda BISA mencegah kelebihan konsumsi gula

Rule of thumb:
Ingin terus menikmati makanan manis tapi ingin terhindar dari kegemukan dan diabetes? Anda bisa mencoba menggunakan pemanis pengganti gula. Pemanis ini hanya memiliki sedikit, bahkan tanpa kalori. Gunakan juga produk-produk yang rendah kalori dan rendah gula untuk menjaga asupan gula dan kalori Anda. Sweet, with no worries.
Tropicana Slim dengan rangkaian produk bebas gula dan rendah kalori memberikan rasa manis, tanpa kuatir kalori berlebih.

0 komentar:

Posting Komentar

The Best Blogs Indonesia © 2008 Template by:
SkinCorner